Beranda Alam 5 Cara Memulai Hidup Tanpa Menggunakan Plastik

5 Cara Memulai Hidup Tanpa Menggunakan Plastik

0
5 Cara Memulai Hidup Tanpa Menggunakan Plastik

Hidup tanpa menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari akan membantu melindungi bumi tercinta.

Kenapa? Karena penggunaan secara terus menerus dalam jumlah besar memiliki dampak serius bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Kita hampir sering menemukan plastik di setiap aspek kehidupan kita, mulai dari kantong belanja hingga peralatan rumah tangga. Plastik memudahkan kita dalam banyak hal, tetapi kita harus berbicara tentang konsekuensinya terhadap planet kita.

Perlu Anda ketahui, bahwa plastik tidak mudah terurai dan berkontribusi pada pencemaran lautan, hutan, dan tempat-tempat lain di seluruh dunia.

Maka, memulai hidup tanpa menggunakan plastik menjadi salah satu langkah positif yang dapat kita ambil sebagai contoh menjaga melestarikan lingkungan bumi ini.

Berikut setelah merangkum dari beberapa sumber, dan artikel ini akan menjelaskan dengan detail terkait tips dalam memulai kehidupan sehari-hati tanpa mengunakan kantong plastik. Setidaknya kita dapat mengurangi penggunaan kantong plastik.

Maka dari itu, simak tips berikut ini.

5 Gaya Hidup Tanpa Menggunakan Plastik

Dengan kesadaran dan tindakan yang dimulai dari diri sendiri, kita dapat menciptakan dunia yang lebih bersahabat dengan lingkungan.

Kita dapat mengurangi penggunaan plastik dengan mengambil beberapa langkah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Dan berikut 5 tindakan sederhana dalam mewujudkannya.

1. Gunakan Tas Belanja Sendiri yang Terbuat dari Eco Bag

Penggunaan tas belanja sendiri adalah salah satu langkah pertama yang dapat kita ambil untuk mengurangi penggunaan plastik.

Eco bag atau tas belanja ramah lingkungan adalah alternatif yang sangat baik. Ini bukan hanya membantu kita menghindari kantong plastik sekali pakai, tetapi juga merupakan pilihan yang lebih kuat dan tahan lama.

Anda dapat membeli beberapa eco bag dan selalu membawanya saat pergi berbelanja.

Selain itu, mendukung gerakan penggunaan eco bag juga dapat menginspirasi orang lain di sekitar

Sekarang telah banyak toko yang menjual kantong eco bag yang ramah lingkungan ini, dan bisa digunakan berkali-kali dalam keseharian kita

Eco Bag atau tas belanja ramah lingkungan
Eco Bag atau tas belanja ramah lingkungan

Namun, sebenanrnya tidak mesti mengeluarkan uang untuk mendapatkan tas sperti eco bag ramah lingkungan.

Anda bisa membuatnya sendiri dengan mendaur ulang dari bahan plastik yang tidak terpakai.

Kesadaran diri sendiri dalam mendaur ulang plastik menjadi produk kantong ramah lingkungan merupakan bagian dari upaya pelestarian lingkungan yang dapat bertahan hingga generasi mendatang.

2. Berhenti Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik adalah salah satu contoh plastik sekali pakai yang digunakan setiap hari. Namun, kita bisa berhenti menggunakannya dan menggantinya dengan sedotan yang lebih ramah lingkungan.

Misalnya, sedotan stainless steel atau sedotan bambu adalah pilihan yang baik. Selain itu, ketika Anda pergi ke restoran atau kafe, jangan sungkan untuk memberi tahu pelayan bahwa Anda tidak memerlukan sedotan.

Ini adalah tindakan kecil yang dapat mengurangi jejak plastik Anda.

3. Membawa Botol Sendiri Saat Membeli Minuman

Botol air plastik adalah salah satu sumber utama sampah plastik.

Anda dapat berkontribusi pada pengurangan penggunaan botol air plastik dengan membawa botol minuman sendiri yang dapat diisi ulang.

Banyak tempat, terutama di kota-kota besar, sekarang memiliki stasiun pengisian ulang air minum yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Dengan membawa botol Anda sendiri, Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga membantu melindungi lingkungan.

4. Kurangi Membeli Makanan berkemasan Plastik

Makanan yang dikemas dalam plastik adalah hal umum yang kita temui di supermarket. Untuk mengurangi konsumsi plastik ini, Anda bisa mencari alternatif makanan yang tidak dikemas dalam plastik.

Cobalah untuk membeli makanan segar di pasar atau toko yang menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan, seperti kertas atau wadah yang dapat didaur ulang.

Ketika Anda memesan makanan di restoran, Anda juga bisa membawa wadah sendiri untuk membawa pulang sisa makanan, menghindari penggunaan wadah plastik sekali pakai.

5. Mendaur Ulang Sampah Plastik

contoh daur ulang dari bahan plastik sampah
contoh daur ulang dari bahan plastik sampah

Seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa Anda bisa mengunakan bahan plastik yang tidak terpakai untuk menjadikannya sebuah produk yang bermanfaat.

Mendaur ulang saat sekarang menjadi langkah yang penting dalam upaya mengelola sampah plastik.

Meskipun tujuan akhirnya kita bisa hidup tanpa plastik, masih mungkin kita memiliki beberapa barang plastik di sekitar kita.

Pastikan untuk mendaur ulang semua plastik yang Anda gunakan dengan berbagai hasil.

Diantaranya kita telah membahas sebelumnya beberapa contoh produk kerajinan daur ulang dari bahan plastik, dan diantaranya pembuatan tas belanja ramah lingkungan ada di dalam artikel tersebut.

Untuk artikelnya bisa Anda akses disini : Contoh kerajinan dari bahan plastik.

Ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan sampah, tetapi juga memungkinkan plastik digunakan kembali untuk berbagai produk lainnya.

Demikian beberapa tips dalam menjaga lingkungan dengan hidup tanpa pengunaan plastik.

Melalui langkah-langkah sederhana seperti yang telah kita baca di atas, kita dapat mewujudkan lingkungan sehat karena terbebas dari pencemaran hingga keadaan banjir akibat dari tumpukan sampah plastik yang menyumbat perairan selokan hingga sungai di daerah Anda.

Dengan kesadaran dan tindakan bersama, kita dapat menciptakan dunia yang lebih bersahabat dengan lingkungan dan memberikan warisan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Mulailah dengan langkah sederhana dalam menjaga lingkungan dan bumi kita tercinta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini