BerandaAlamKelebihan dan Manfaat Pembangkit Listrik Bertenaga Angin

Kelebihan dan Manfaat Pembangkit Listrik Bertenaga Angin

Seiring dengan perkembangan zaman, hingga saat ini teknologi telah berkembang pesat di Dunia. Hal ini juga diimbangi dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk.

Sehingga kebutuhan akan energi dan sumber daya juga meningkat.Disisi lain, hampir 90 % manusia bergantung pada sumber daya alam dalam kebutuhan sehari-hari secara langsung atau bahkan yang diolah menjadi sebuah produk dari hasil sumber daya alam.

Seperti halnya dengan sumber daya alam yang satu ini, dulu kita hampir seluruh mengunakan PLN sebagai energi pembangkit listrik yang jelas kita tahu bahwa ini merupakan energi konvensional.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu pengunaan sumber daya alam secara berlebihan guna memenuhi kebutuhan manusia, ini justru akan lebih menimbulkan dampak negatif dari energi konvensional.

Saat ini teknologi baru telah ditemukan, yang merupakan teknologi terbarukan dari sumber daya alam buatan, yang di pakai di berbagai industri.

Salah satu sumber daya buatan adalah pembangkit listrik bertenaga angin. Energi angin telah menjadi topik pembicaraan utama di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Maka tidak heran, saat ini telah banyak industri beralih mengunakan energi yang diyakini ramah lingkungan tersebut.

Tetapi, apa sebenarnya yang membuat pembangkit listrik bertenaga angin begitu menarik?

Nah, dalam artikel kali ini, setelah merangkum dari beberapa sumber dan menyajikan inforamasi yang lebih detail dan terperinci, maka langsung saja kita akan membahas kelebihan dan manfaat pembangkit listrik bertenaga angin.

Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Berdasarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) bahwa pembangkit listrik bertenaga angin ini menjadi pembangkit listrik yang memiliki efisiensi lebih baik dibandingkan dengan pembangkit listrik energi terbarukan lainnya.

Mengapa deminkian? Karena banyak kelebihan dan manfaat pembangkit listrik bertenaga angin.Berikut adalah beberapa diantaranya :

8 Manfaat Pembangkit Listrik Bertenaga Angin

pembangit listrik bertenaga angin
pembangit listrik bertenaga angin

Dapat Menghasilkan Listrik Berskala Besar

Salah satu manfaat utama dari pembangkit listrik bertenaga angin adalah kapasitasnya untuk menghasilkan listrik dalam jumlah besar.

Turbin angin modern memiliki kemampuan mengubah energi angin menjadi daya listrik dalam skala yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ribuan rumah tangga, bahkan kota-kota besar.

Dengan demikian, pembangkit ini dapat menjadi kontributor utama dalam penyediaan energi bagi masyarakat yang luas.

Merupakan Sumber Energi Terbarukan

Kemudian dimanfaatkan sebagai energi terbarukan yang paling ramah lingkungan saat ini.

Angin selalu ada, dan kita tidak perlu khawatir tentang habisnya pasokan energi angin. Ini berbeda dengan bahan bakar fosil yang semakin menipis.

Dengan menggunakan energi terbarukan ini, kita dapat mengurangi ketergantungan pada sumber daya yang terbatas.

Teknologi yang Tidak Menghasilkan Emisi

Pembangkit listrik tenaga angin tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara.

Ini berarti bahwa penggunaan energi angin membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan perubahan iklim.

Dalam era di mana perubahan iklim menjadi masalah serius, energi angin adalah salah satu cara untuk mengurangi jejak karbon.

Jejak karbon misalnya pada sebuah kendaraan, teknologi atau mesin yang digunakan oleh kendaraan dengan emisi asap hitam tersebut yang dimaksud sebagai teknologi tak ramah lingkungan.

Emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan bermotor ini berbahaya bagi kehidupan manusia, karena berpotensi merusak lingkungan.

Pembakaran bahan bakar fosil dalam kegiatan sehari-hari setidaknya berkontribusi hampir sebesar ⅔ emisi gas rumah kaca yang diproduksi global.

Energi yang Ramah Lingkungan

Berbicara tentang energi yang ramah lingkungan, energi dari pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) ini tidak membuat pencemaran terhadap lahan atau lingkungan.

Di katakan bahwa, turbin angin dapat didirikan di lahan yang tidak dapat digunakan untuk pertanian atau pengembangan lainnya, sehingga tidak mengorbankan lahan yang berharga. Hal ini membantu menjaga ekosistem yang ada di sekitarnya.

Ruangan yang Diperlukan Relatif Lebih Kecil

Turbin angin membutuhkan relatif sedikit ruang untuk dioperasikan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk daerah-daerah dengan keterbatasan lahan. Dalam lingkungan perkotaan yang padat, turbin angin dapat ditempatkan di lahan kecil dan tetap menghasilkan daya listrik yang signifikan.

Sumber Daya yang Tidak Terbatas

Energi angin adalah sumber daya yang tak akan habis dalam waktu dekat. Kita tidak perlu khawatir tentang kepunahan sumber daya ini, seperti yang terjadi dengan batu bara atau minyak bumi. Hal ini memberikan jaminan pasokan energi jangka panjang.

Dapat Diaplikasikan di Seluruh Negara

Pembangkit listrik tenaga angin dapat diaplikasikan di hampir seluruh negara di dunia. Ini membuatnya menjadi pilihan yang dapat membantu negara-negara mengembangkan sumber energi domestik mereka sendiri dan mengurangi ketergantungan pada impor energi.

Tidak Menyebabkan Polusi Lingkungan

Masalah yang sering kali kita hadapi khususnya di Indonesia adalah polusi udara, hal ini justru diakibatkan oleh penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Kemudian, berakibat pada pencemaran udara, pencemaran air bahkan mencangkup kesehatan pada seseorang.

Maka dari itu, kita sebagai makhluk hidup memiliki kewajiban dalam upaya melestarikan sumber daya alam.

Nah, dengan adanya pembangkit tenaga angin (PLTB). Selain tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, pembangkit listrik tenaga angin juga tidak menyebabkan polusi air atau tanah.

Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih bersih dan berkelanjutan daripada sumber daya energi lainnya.

Dengan seluruh manfaat tang telah dipaparkan diatas,  pembangkit listrik bertenaga angin menjadi salah satu alternatif energi terbaik untuk masa depan.

Energi terbarukan ini mampu memberikan daya listrik yang cukup, sumber daya yang berkelanjutan, dan memberikan dampak lingkungan yang lebih baik lagi di generasi mendatang.

Tidak hanya itu, kelebihan lainnya dari pembangkit listrik tenaga angin adalah fleksibilitasnya dalam lokasi pemasangan.

Mereka dapat dipasang di darat, di lepas pantai, atau bahkan di wilayah pegunungan yang sulit diakses.

Ini memberikan berbagai pilihan dalam memanfaatkan sumber daya angin yang tersedia.

Ini adalah langkah positif menuju dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer