Alam

Perbedaan Contoh Sumber Daya Buatan dan Sumber Daya Alam

Sumber daya merupakan segala sesuatu yang berguna dan mempunyai nilai ekonomi.

Bumi adalah planet yang kaya akan sumber daya, baik yang berasal dari alam maupun buatan manusia.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun akhir-akhir ini dengan perkembangan teknologi aksi pengurasan sumber daya alam tanpa memikirkan keberlangsungan maka mengakibatkan terjadinya kelangkahan sumber daya alam di Indonesia. 

Hal ini lah yang membuat kesadaran masyarakat dalam memperluas dan meningkatkan sumber daya buatan guna sebagai salah satu upaya menjaga keberlangsungan kehidupan manusia dan alam semesta untuk generasi mendatang.

sumber daya yang tadinya dianggap hanya satu-satunya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan manusia.

Namun dengan adanya sumber daya buatan ini akan lebih memberikan kualitas hidup yang lebih baik dan tentunya juga dapat menjaga lingkungan alam semesta.

Lantas apa perbedaan Sumber daya alam dan sumber daya buatan?

Dalam artikel ini, di lengkapi dengan contoh sumber daya buatan dari kemajuan teknologi agar memberikan kehidupan lebih baik terhadap manusia. Konsep ini akan memberikan pemahaman bagi kita dalam mewujudkan lingkungan yang baik.

Apa Bedanya Sumber Daya Buatan dan Sumber Daya Alam

Ada beberapa perbedaan mendasar dari sumber daya ini, diantaranya.

Sumber daya buatan diciptakan oleh manusia, seperti benda atau barang berupa mobil, pakaian, bahkan barang elektronik yang bisa kita gunakan dalam kehidupan.

READ  10 Upaya Pelestarian Lingkungan untuk Generasi Mendatang

sementara sumber daya alam merupakan benda-benda yang ada di alam tanpa campur tangan manusia. Atau bisa dikatakan sebagai hadiah dari alam. Hal ini berupa air, hutan, udara dan apa yang ada di lingkungan kita.

Keduanya memiliki peran yang berbeda dalam hidup kita, dan penting bagi kita untuk merawat keduanya agar bisa digunakan dengan bijak.

Contoh Sumber Daya Buatan

Waduk

Waduk adalah contoh sumber daya buatan yang digunakan untuk menyimpan air. Mereka sering digunakan untuk penyediaan air minum, irigasi pertanian, dan pembangkit listrik. Waduk dibangun oleh manusia dengan membuat bendungan untuk menghentikan aliran air sungai.

Sawah

Sawah adalah contoh sumber daya buatan yang digunakan untuk pertanian padi. Mereka biasanya terdiri dari lapangan berawa-rawa yang ditanami padi. Sawah dibuat dengan membuat saluran air dan tanggul.

Perkebunan

sumber daya buatan perkebunaan teh
sumber daya buatan perkebunaan teh

Perkebunan adalah area tempat tanaman seperti kopi, teh, atau karet ditanam dalam jumlah besar. Mereka adalah contoh sumber daya buatan yang dibuat oleh manusia untuk tujuan komersial.

Tegalan

Tegalan adalah lahan pertanian yang dibuat oleh manusia dengan cara mengeringkan rawa atau daerah berawa. Mereka biasanya digunakan untuk menanam tanaman seperti jagung atau kedelai.

Sumber daya buatan ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan memungkinkan kita untuk hidup dengan lebih nyaman dan efisien.

Namun, penting juga untuk menggunakan sumber daya ini dengan bijak dan bertanggung jawab agar tidak merusak lingkungan dan keberlanjutan di masa depan.

Contoh Sumber Daya Alam

Minyak Bumi:

Minyak bumi adalah sumber daya alam berharga yang digunakan dalam produksi bahan bakar, plastik, dan berbagai produk lainnya. Ini diekstraksi dari dalam bumi dan merupakan salah satu sumber daya alam yang paling berharga di dunia.

READ  Tips Terbaik Memilih dan Merawat Tanaman Musim Kemarau dengan Baik

Gas Bumi:

Gas alam adalah gas alam yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Ini ditemukan di bawah permukaan bumi dan digunakan untuk memasak, memanaskan rumah, dan menghasilkan listrik.

Batu Bara:

Batu bara adalah sumber daya alam yang terdiri dari endapan fosil tumbuhan yang telah terkubur dalam tanah selama jutaan tahun. Proses ini mengubah tumbuhan menjadi batu bara, yang sebagian besar terdiri dari karbon dan memiliki nilai energi tinggi.

Batu bara digunakan dalam berbagai bidang, termasuk pembangkit listrik, industri, dan proses manufaktur.

Pembangkit listrik tenaga batu bara adalah salah satu cara paling umum untuk menghasilkan listrik di banyak negara.

Namun pengunaan batu bara juga bisa membawa dampak signifikan pada lingkungan, Pembakaran batu bara menghasilkan emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida (CO2), yang berkontribusi pada perubahan iklim global.

Selain itu, limbah batu bara dapat mengandung polutan yang mencemari air dan tanah.

Air:

Air adalah sumber daya alam yang paling penting bagi kehidupan. Ini digunakan untuk minum, pertanian, industri, dan banyak lagi. Air adalah sumber daya alam yang harus dikelola dengan bijaksana agar tidak tercemar atau habis.

Hutan:

Indonesia telah dikenal dengan sumber daya alam yang melimpah seperti adanya hutan hujan tropisnya yang luas dan keanekaragaman hayati yang kaya, telah lama dianggap sebagai salah satu surga alam dunia.

Namun, sayangnya, hutan-hutan ini semakin mengalami kelangkaan yang mengkhawatirkan. Deforestasi, yang merupakan penghilangan hutan secara besar-besaran, telah menjadi masalah serius yang berdampak negatif pada lingkungan dan masyarakat.

Hutan hujan tropis Indonesia menjadi salah satu hutan tropis terbesar, tetapi kelangkaan sumber daya alam ini semakin meningkat.

READ  Manfaat Fungsi Lingkungan untuk Dunia yang Perlu Kita Ketahui

Illegal logging dan deforestasi ilegal adalah penyebab utama penurunan jumlah hutan. Dampaknya adalah hilangnya habitat satwa liar, perubahan iklim, dan kerugian ekonomi bagi masyarakat yang bergantung pada hutan.

Udara:

Penjelasan dari udara merupakan campuran gas yang membentuk atmosfer Bumi. Atmosfer ini terdiri dari sejumlah besar gas, dengan oksigen (O2) dan nitrogen (N2) menjadi dua komponen utama.

Udara juga mengandung gas-gas lain seperti argon, karbon dioksida, uap air, dan gas-gas lainnya dalam konsentrasi yang lebih rendah.

Maka dari itu, udara yang mengandung oksigen di manfaatkan untuk bernapas bagi manusia, selain itu udara memainkan peran penting dalam membentuk cuaca dan iklim di Bumi.

Kemudian makhluk hidup lainnya juga bergantung pada udara, karena udara sebagai penyaring alami yang membantu menghilangkan partikel-partikel polutan dari atmosfer. Daun-daun tumbuhan, misalnya, dapat menyerap polutan udara.

Akan tetapi, mengikuti perkembangan zaman banyak aktifitas manusia yang telah menyebabkan pencemaran udara.

Emisi gas-gas berbahaya seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan partikel-partikel kecil dapat merusak kualitas udara dan berkontribusi pada masalah lingkungan seperti perubahan iklim dan polusi udara.

Jadi, upaya kita sebagai manusia dan makhluk hidup dalam mengurangi polusi udara dengan aksi kecil sangat di butuhkan untuk membangun bumi yang sehat.

Sumber daya alam dan sumber daya buatan sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, Kita perlu berusaha untuk menjaga kualitas udara dan mencari sumber energi yang lebih ramah lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

eorang ahli yang terkenal, Rachel Carson, pernah mengatakan,

“Alam adalah sumber daya yang sangat berharga yang akan kami wariskan kepada anak-anak kami, tetapi kita tidak dapat wariskan cemarannya.”

Semoga bermanfaat, dan jadilah manusia yang bertanggung jawab pada lingkungan, setidaknya lingkungan sekitar tempat tinggal kita.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button