Beranda Alam Wajib Tahu! 9 Surga Wisata Alam Tersembunyi Bangka Belitung

Wajib Tahu! 9 Surga Wisata Alam Tersembunyi Bangka Belitung

0
Wajib Tahu! 9 Surga Wisata Alam Tersembunyi Bangka Belitung

Hallo traveler lovers! Anda pasti pernah mendengar Kota Bangka Belitung bukan? Atau Anda memang sedang mempersiapkan liburan ke kota yang terkenal dengan pemandangan alam dan sumber daya alamnya yang indah, serta pulau-pulau eksotis dan pantai dengan pasir putih lembut. Namun, masih banyak destinasi wisata alam tersembunyi di Bangka Belitung yang belum banyak diketahui orang. Artikel ini akan membahas 9 surga wisata alam tersembunyi Bangka Belitung yang wajib Anda ketahui dan kunjungi.

Pulau Bangka Belitung tidak secara geografis terletak di pulau Sumatera. Meskipun Bangka Belitung berdekatan dengan pulau Sumatera, provinsi kepulauan yang terdiri dari pulau Bangka, Belitung, dan pulau-pulau kecil lainnya. Letaknya di bagian timur Sumatra, tepatnya di Selat Bangka. Kekayaan alamnya yang melimpah membuat Bangka Belitung menjadi destinasi wisata alam yang populer. Pantai dan pulau eksotisnya selalu menjadi daya tarik utama. Namun, masih banyak tempat wisata alam tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan.

Artikel ini akan membahas 9 destinasi wisata alam nan estetik tersembunyi di Bangka Belitung yang wajib Anda ketahui dan sertakan dalam daftar wisata Anda. Yuk, simak baik-baik rekomendasi tempat wisata alam tersembunyi di bawah ini!

Pulau Ketawai

Ketawai Island adalah salah satu pulau tersembunyi di Bangka Belitung yang menawarkan keindahan alam yang masih asri. Pulau ini terletak di bagian utara Kabupaten Belitung Timur, tepatnya di Selat Gelasa.

wisata Pulau Ketawai

Untuk menuju Ketawai Island, Anda harus menyewa perahu motor atau kapal kayu dari Tanjung Pandan atau Desa Sungai Liat. Perjalanan menggunakan perahu motor memakan waktu sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan Anda disuguhkan pemandangan laut yang indah dengan warna biru kehijauan.

Di pulau seluas 120 hektare ini, Anda bisa menikmati pantai pasir putih dengan deretan pohon kelapa yang rindang. Suasana alam yang masih asri dengan hamparan rumput ilalang yang bergoyang diterpa angin, sangat pas untuk bersantai dan beristirahat.

Selain pantai, di Ketawai Island juga terdapat sebuah bukit yang bisa didaki sambil menikmati pemandangan dari atas. Di puncak bukit, Anda bisa melihat keindahan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Keindahan alam Ketawai Island yang masih perawan ini memang pantas untuk Anda kunjungi.

Pulai Sentuang

Pulai Sentuang

Pulau Sentuang merupakan salah satu destinasi wisata alam tersembunyi di Bangka Belitung yang wajib Anda kunjungi. Pulau ini terletak di bagian timur Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang dengan perahu motor dari Desa Sentuang yang memakan waktu sekitar 15 menit.

Sepanjang perjalanan menuju pulau Sentuang, Anda akan disuguhkan pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang eksotis. Saat tiba di pulau, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Suasana alam di sini begitu asri dan tenang.

Di pulau Sentuang terdapat sebuah penginapan sederhana yang dikelola masyarakat setempat. Disini Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berinteraksi dengan warga lokal yang ramah. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, memancing, bersepeda, dan berjalan-jalan di sekitar pulau.

Dengan keasrian dan keindahan alamnya, pulau Sentuang pantas menjadi salah satu destinasi wisata tersembunyi yang wajib Anda kunjungi di Bangka Belitung. Nikmati keindahannya dan jangan lupa untuk mendokumentasikan moment-moment indah Anda di sini.

Pantai Parai Tenggiri

wisata Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu surga alam tersembunyi di Bangka Belitung, dengan hamparan pantai berpasir putih yang panjang dan air laut yang jernih. Terletak di Kabupaten Belitung, akses ke pantai ini membutuhkan waktu 30 menit berkendara dan pendakian singkat melalui hutan yang rimbun. Lokasinya yang terpencil dan minimnya keramaian membuatnya ideal bagi mereka yang mencari ketenangan dan ketentraman.

Setibanya di Pantai Parai Tenggiri, Anda akan disambut dengan pemandangan indah pohon kelapa yang bergoyang, batu-batu granit dan suara deburan ombak yang lembut di pantai. Pantai ini sebagian besar masih belum dikembangkan, dengan fasilitas terbatas dan tidak ada resor besar yang terlihat. Hal ini memungkinkan Anda untuk benar-benar membenamkan diri di lingkungan alami dan menemukan oasis pribadi Anda. Untuk aktivitas, Anda dapat menyisir pantai, membangun istana pasir, menerbangkan layang-layang, atau sekadar duduk santai.

Secara keseluruhan, Pantai Parai Tenggiri adalah keajaiban alam yang berhasil mempertahankan pesona pedesaannya. Jika Anda menginginkan liburan pantai yang jauh dari keramaian dan dikelilingi oleh keindahan yang masih alami, surga terpencil ini harus masuk dalam daftar Anda. Suasana yang damai dan minimnya komersialisasi memungkinkan Anda untuk benar-benar bersantai, menghilangkan stres, dan menyatu kembali dengan alam.

Gusung Perlang

wisata Gusung Perlang

Gusung Perlang adalah salah satu tempat wisata alam yang masih tersembunyi di Belitung. Lokasinya berada di Kecamatan Manggar, sekitar 45 menit dari Tanjung Pandan. Pemandangan alam di Gusung Perlang sangat indah dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan bebatuan granit.

Daya tarik utama dari Gusung Perlang adalah formasi batuan granit di sepanjang pantai yang membentuk pemandangan alam yang unik. Batuan granit tersebut telah terkikis oleh air laut dalam waktu yang lama sehingga menciptakan lubang dan kontur dengan bentuk yang menarik. Saat air laut surut, Anda dapat berjalan-jalan dan menjelajah di antara bebatuan granit ini

Bagaimana cara untuk menuju wisata Gusung Perlang? Untuk mencapai Gusung Perlang, Anda harus menyewa mobil atau motor di Tanjung Pandan. Lokasinya cukup terpencil sekitar 45 menit dari kota. Akses jalannya pun masih belum teraspal dengan baik, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam berkendara. Namun keindahan alam yang menanti di tempat tujuan membuat perjalanan menjadi sepadan. Gusung Perlang adalah perwujudan sempurna dari pesona alam pantai-pantai Belitung.

Pulau Seliu

wisata Pulau Seliu

Sebagai salah satu pulau terluar di Bangka Belitung, pulau Seliu menawarkan keindahan alam yang masih alami dan terpencil. Hanya dapat diakses dengan perahu, pulau ini tidak berpenghuni kecuali beberapa gubuk pantai sederhana, yang menjaga ketenangannya yang tak tersentuh.

Bermalam di pulau Seliu menawarkan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona dalam kesunyian, serta memandangi langit malam berbintang yang tidak ternoda polusi cahaya. Pilihan akomodasi berupa pondok-pondok pantai sederhana dengan fasilitas dasar, yang meningkatkan perasaan seperti diasingkan di tengah-tengah hutan tropis.

Pantai Jerangkat

Pantai Jerangkat

Pantai Jerangkat merupakan salah satu surga wisata alam tersembunyi di Kepulauan Bangka Belitung yang wajib Anda ketahui. Terletak di Kabupaten Belitung, pantai ini menawarkan pemandangan yang damai dengan lautnya yang biru jernih dan pasirnya yang putih.

Pantai Jerangkat adalah tujuan liburan yang sempurna jika Anda ingin melarikan diri dari keramaian dan menyatu dengan alam. Pemandangan pantai yang masih alami dan suasana yang tenang akan memberikan ketenangan bagi Anda. Temukan surga tersembunyi di Kepulauan Bangka Belitung!

Pantai Tanjung Berikat

wisata Pantai Parai Tenggiri

Pantai Tanjung Berikat merupakan salah satu surga wisata alam tersembunyi di Bangka Belitung yang wajib Anda ketahui. Terletak di Kabupaten Bangka Tengah, pantai ini memiliki air laut yang jernih dan pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh jejaran bebatuan granit.

Pantai ini memberikan sensasi melihat batu-batu granit besar di sepanjang garis pantai. Batu-batu besar ini memberikan keteduhan dan ketenangan, cocok untuk piknik santai atau berkemah di bawah bintang-bintang. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan halus serta perairan yang dangkal, sehingga cocok untuk berenang, berjemur atau melakukan aktivitas di pantai.

Pantai Tanjung Kemirai

Pantai Tanjung Kemirai merupakan salah satu permata alam tersembunyi di Bangka Belitung yang terletak di bagian utara pulau Belitung. Untuk mencapai pantai terpencil ini, Anda harus melintasi jalan berkelok-kelok melewati hutan lebat selama kurang lebih 30 menit dari Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung. Akses yang agak sulit membuat Pantai Tanjung Kemirai jarang dikunjungi wisatawan, sehingga keindahan alamnya sangat terjaga.

Pantai Tanjung Kemirai akan sangat cocok untuk anda yang ingin mencari kesunyian dan jauh dari kebisingan kota. Lingkungan alamnya yang masih asli dan terpencil memberikan tempat pelarian yang sempurna dari keramaian. Kunjungan ke pantai ini akan memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam Belitung yang masih alami dalam kedamaian dan kesunyian. Bagi mereka yang mendambakan liburan di pantai yang tenang, Pantai Tanjung Kemirai adalah surga tropis yang tiada duanya.

Bukit Peramun

wisata Bukit Peramun

Bukit Peramun merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Kepulauan Bangka Belitung. Terletak di Kabupaten Bangka Tengah, bukit ini menawarkan panorama alam yang menawan dengan batu-batu granit dalam berbagai ukuran yang tersebar di atas bukit dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang rimbun.

Selain keindahan alamnya, Bukit Peramun juga memiliki nilai historis yang cukup tinggi karena digunakan sebagai benteng pertahanan oleh Belanda untuk mengawasi pergerakan musuh pada masa penjajahan. Sisa-sisa benteng tua tersebut masih bisa Anda temukan di puncak bukit.

Lingkungan Bukit Peramun yang masih asli, batu granit, hutan hujan yang rimbun dan nilai historisnya menjadikannya destinasi liburan alam yang sempurna di Bangka Belitung yang layak untuk dijelajahi. Jelajahi bukit ini dan nikmati diri Anda dalam keindahan alam.

Kesimpulan

Setelah membaca 9 destinasi wisata alam tersembunyi di Bangka Belitung yang kami rekomendasikan ini, pastinya kamu sudah tidak sabar ingin berkunjung ke pulau indah ini. Dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, Bangka Belitung pantas disebut sebagai surga tersembunyi bagi para pecinta wisata alam.

Nikmatilah keindahan alam Bangka Belitung dengan mata kepala sendiri. Rasakan sensasi berjemur di pantai pasir putih dan berenang di laut yang jernih dan bening. Dengarkan alunan ombak dan kicauan burung. Hirup udara segar yang menyejukkan. Pulau ini menjanjikan pengalaman wisata tak terlupakan yang akan selalu terkenang di benakmu.

Selamat Berlibur!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini