Beranda News Ikan Oarfish Disebut Ikan Penanda Gempa, Ini Faktanya!

Ikan Oarfish Disebut Ikan Penanda Gempa, Ini Faktanya!

0
Ikan Oarfish Disebut Ikan Penanda Gempa, Ini Faktanya!

Kisah Misterius: Ikan Oarfish, “Penanda Gempa yang Memikat Perhatian Ilmuwan!”

Selamat datang di artikel unik dan kreatif tentang ikan Oarfish, juga dikenal sebagai ikan penanda gempa. Temukan fakta menarik, ukuran terbesar, serta kehadiran ikan Oarfish di Indonesia beserta keterkaitannya dengan gempa bumi yang terjadi di RI.

Ikan Oarfish, atau lebih dikenal sebagai ikan penanda gempa, adalah makhluk yang menyimpan berbagai misteri di dasar lautan. Dengan penampilan yang unik dan kehadiran yang jarang terlihat, ikan Oarfish terbesar ini menjadi sorotan para ilmuwan dan pecinta laut di seluruh dunia dengan ukuran yang mencengangkan.

Ikan Oarfish pertanda apa sebenarnya di balik kemunculannya yang jarang di perairan Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan. Mari kita telusuri mitos dan fakta terkait ikan misterius ini.

Ikan Bertulang Terpanjang di Dunia

Oarfish dinobatkan sebagai ikan bertulang terpanjang di dunia oleh Guiness World Records. Pada 1963, seekor oarfish ditemukan di New Jersey dengan panjang diperkirakan 50 kaki. Pada 1885, spesies oarfish seberat 600 pon ditemukan di Maine.

Ikan oarfish memiliki bentuk tubuh yang unik dan ukuran tubuh yang besar, yang bisa mencapai 11 meter. Mereka hidup di perairan laut dalam, mulai dari kedalaman 200 m hingga 1000 m dan tersebar di berbagai wilayah laut, mulai dari Samudra Pasifik, Samudra Hindia, hingga perairan Eropa.

Menurut legenda, kemunculan ikan raksasa seperti itu di permukaan laut merupakan pertanda bakal terjadi bencana.

Penampilan yang Unik

ikan Oarfish di Indonesia, Sulawesi Selatan
sumber: shutterstock

Ikan Oarfish memiliki penampilan yang sangat unik dan mencolok. Dikenal sebagai ikan yang panjang dan ramping, ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 15 meter. Tubuhnya yang ramping, seperti pita laut, membedakannya dari kebanyakan ikan lainnya. Selain itu, warna perak kebiruan yang indah menutupi tubuhnya, mencerminkan keindahan laut dalam yang penuh misteri.

Tidak Memiliki Sisik

Salah satu ciri khas yang ikan Oarfish atau sering dijuluki sebagai ikan pita ini tidak memiliki sisik. Kebanyakan ikan bertulang lainnya memiliki sisik.

Sebagai gantinya, ikan ini memiliki lapisan kulit yang licin, memberinya penampilan yang mengkilap di dalam air.

Ikan Penanda Gempa Bumi

Selama berabad-abad, ikan Oarfish telah dikaitkan dengan fenomena gempa bumi dan tsunami. Legenda dan cerita rakyat dari berbagai budaya sering menghubungkan kemunculan ikan ini dengan peristiwa gempa bumi yang akan datang.

Beberapa mitos yang beredar di sekitar ikan oarfish adalah bahwa ikan ini muncul di perairan dangkal dan terdampar di pantai sebelum terjadi gempa bumi. Beberapa orang bahkan menganggap ikan oarfish sebagai ikan penanda gempa. Namun, penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukkan bahwa ikan oarfish muncul di permukaan laut karena faktor lingkungan.

Ikan oarfish memang ditemukan di kedalaman laut yang dalam. Namun, saat terjadi gempa bumi ikan Oarfish dapat merasakan getaran di dasar laut yang disebabkan oleh aktivitas seismik yang sedang mendekati. Ini membuat mereka bergerak lebih dekat ke permukaan untuk menghindari tekanan yang dapat menyebabkan cedera pada tubuh mereka. Hal ini kemudian membuat beberapa orang mengaitkan kemunculan ikan oarfish di permukaan laut dengan gempa bumi yang akan terjadi.

Kemampuan Renang yang Unik

Meskipun tampak anggun dengan tubuh yang ramping, ikan Oarfish memiliki kemampuan renang yang unik. Mereka dapat bergerak dengan sangat cepat di dalam air, mengayuh tubuh mereka dengan gesit.

Namun, mereka juga dapat mengapung di permukaan air selama periode yang lama dengan memanfaatkan gelembung udara yang terperangkap di dalam tubuh mereka. Kemampuan renang yang luar biasa ini menjadikan mereka penjelajah lautan yang tangguh.

Di Indonesia Ditemukan di Sulawesi Selatan

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keanekaragaman hayati laut. Beberapa hari belakangan ini, nama oarfish atau ikan air laut dalam tengah naik daun setelah foto ikan tersebut viral di media sosial. “Katanya, munculnya ikan ini merupakan penanda datangnya gempa dan tsunami”.

Kemunculan ikan Oarfish di Indonesia, Sulawesi Selatan, mendapat tanggapan dari Bupati Selayar, M Basli Ali. Menurut Basli, ikan Oarfish yang memiliki nama latin Ragalecus glesne sudah sering ditemukan oleh nelayan setempat. Meskipun ikan Oarfish memang langka, namun hampir setiap tahun masih ada yang tertangkap saat nelayan memancing di kedalaman laut Selayar, sekitar 100 hingga 300 meter. Bupati juga mengingatkan masyarakatnya untuk tetap siaga menghadapi segala kemungkinan.

Ikan Oarfish, si ikan penanda gempa, memiliki pesona dan keunikan tersendiri di dunia laut. Dengan penampilan yang anggun, ukuran tubuh yang luar biasa, dan kemampuan renang yang unik, ikan ini telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Kehadirannya di perairan Sulawesi Selatan, merupakan momen langka yang menyimpan misteri alam yang menakjubkan. Meskipun tetap menjadi teka-teki bagi para ilmuwan, ikan Oarfish tetap menjadi makhluk luar biasa yang patut dijaga dan dipelajari.

Semoga Artikel ini membantu kita memahami lebih dalam tentang misteri ikan Oarfish dan keterkaitannya dengan gempa bumi.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini