BerandaTips9 Tips Liburan ke Bali dengan Budget Hemat di Tahun 2023

9 Tips Liburan ke Bali dengan Budget Hemat di Tahun 2023

Hello traveler! Kamu seseorang pecintra traveling dan sedang merencanakan liburan ke bali, artikel ini akan membantu merencanakan liburan Anda semakin perfect dengan membagikan sembilan tips berharga untuk liburan ke Bali dengan budget hemat di tahun 2023.

Liburan ke bali merupakan impian setiap orang karena Bali merupakan surga wisata yang kaya akan budaya, pemandangan alam yang menakjubkan, dan keindahan pantainya yang memukau. Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang budget liburan ke Bali yang mahal, karena kami akan memberikan panduan lengkap bagaimana menikmati segala pesona Bali tanpa harus menguras kantong.

9 Tips Liburan ke Bali Agar Kantong Tidak Bolong

Dengan mengikuti tips-tips berikut, Anda akan bisa Menghemat biaya liburan ke bali.

1. Cari Promo Diskon Tiket Pesawat

Persiapan langkah pertama yang harus Anda lakukan, tentu mencari tiket pesawat. Carilah tiket pesawat yang ada promo diskon nya. Usahakan untuk memesan tiket jauh sebelum jabwal keberangkatan Anda, karena ini memungkinkan akan mendapatkan penawaran harga yang lebih murah dan terbaik.

Biasanya, ada periode tertentu di mana maskapai penerbangan menawarkan diskon besar-besaran. Manfaatkan kesempatan ini dengan pantau terus situs-situs aplikasi pemesanan tiket untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Memilih Penginapan Murah

Salah satu faktor penting dalam liburan adalah mengeluarkan budget hemat dalam memilih penginapan yang murah. Bali memiliki beragam pilihan penginapan, mulai dari hotel mewah hingga penginapan yang lebih terjangkau seperti motel atau homestay . Anda dapat memanfaatkan aplikasi travel atau pemesanan penginapan untuk mencari tempat menginap dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk memesan penginapan di daerah yang sedikit lebih jauh dari pusat wisata yang ramai, karena biasanya harganya lebih murah.

Ada beberapa pilihan akomodasi penginapan yang bisa Anda pertimbangkan:

Jenis AkomodasiHarga Rata-rata per Malam
Guest house/losmenRp150.000 – Rp350.000
Hotel budgetRp300.000 – Rp500.000
HomestayRp200.000 – Rp800.000
HostelRp80.000 – Rp250.000

 

3. Mencari Makanan Lokal yang Murah

Bali merupakan kota yang memiliki banyak makanan khas. untuk menghemat biaya saat anda berlibut, maka carilah makanan lokal khas bali yang murah dan lezat.

Jauhi restoran dan kafe yang berlokasi di pusat wisata yang biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Coba jelajahi warung makan atau warung kaki lima di sekitar tempat Anda menginap. Di sini, Anda dapat menemukan hidangan khas Bali dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Jangan lupa untuk mencicipi nasi campur Bali atau sate lilit yang merupakan makanan khas yang sangat direkomendasikan.

4. Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Jika kamu ingin menghemat budget transportasi selama liburan di Bali, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum seperti bus umum atau taksi online. Meskipun demikian, pastikan kamu melakukan riset terlebih dulu tentang rute, tarif, dan jadwal transportasi umum yang tersedia di Bali agar kamu tidak tersesat atau merasa kesulitan nantinya.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menyewa motor selama liburan di Bali. Harga sewa motor di Bali cukup terjangkau, yakni sekitar Rp50.000- Rp70.000 per hari tergantung tipe dan kondisi motor. Selain itu, menyewa motor juga bisa memudahkan kamu untuk berkeliling Bali tanpa harus terikat dengan rute dan jadwal transportasi umum.

KelebihanKekurangan
  • Bebas menentukan waktu dan tempat yang akan dikunjungi
  • Harga sewa motor cukup terjangkau
  • Tidak terikat dengan jadwal transportasi umum
  • Resiko kecelakaan dan kerusakan motor
  • Tidak cocok bagi yang tidak terbiasa berkendara atau tidak memiliki SIM
  • Harga bahan bakar yang cukup mahal di Bali

Jika kamu memutuskan untuk menyewa motor, pastikan kamu memilih penyedia jasa sewa motor yang terpercaya dan memiliki motor yang dalam kondisi baik serta dilengkapi dengan asuransi.

5. Jelajahi Tempat Wisata Gratis

Bali memiliki banyak tempat wisata gratis yang dapat Anda kunjungi. Salah satu contohnya adalah Pantai Kuta yang terkenal dengan keindahannya. Anda dapat menikmati suasana pantai, berjemur di bawah sinar matahari, atau menikmati senja tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Pertimbangkan untuk mengunjungi destinasi wisata gratis atau berbiaya rendah. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang tak memerlukan biaya masuk yang mahal, atau bahkan sama sekali gratis.

Berikut beberapa pilihan destinasi wisata gratis atau berbiaya rendah di Bali:

Destinasi WisataBiaya Masuk
Pantai KutaGratis
Taman Ayun10.000 – 20.000 rupiah
Desa Penglipuran15.000 rupiah
Pura Tirta Empul15.000 rupiah
Tegalalang Rice Terrace10.000 – 20.000 rupiah

 

Anda juga bisa menikmati wisata alam dengan hanya membayar tiket masuk yang terjangkau, seperti hiking di Gunung Batur atau menelusuri Tukad Cepung Waterfall. Selain itu, banyak tempat wisata yang menyediakan paket harga khusus untuk wisatawan lokal, sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

6. Pilih Waktu Liburan yang Tepat

Liburan ke bali murah memang membutuhkan perencanaan yang matang, maka dengan memilih waktu liburan yang tepat dapat membantu menghemat budget Anda. Hindari liburan saat musim liburan sekolah atau saat musim libur panjang seperti Natal atau Tahun Baru, karena biasanya harga akomodasi dan tiket pesawat akan melonjak tajam. Pilihlah waktu yang lebih sepi seperti bulan-bulan antara musim liburan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

7. Belanja Oleh-Oleh di Pasar Tradisional

Bagian tak terpisahkan dari liburan adalah membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Untuk menghemat pengeluaran, hindarilah toko oleh-oleh di pusat wisata yang cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

Alih-alih, kunjungi pasar tradisional seperti Pasar Sukawati atau Pasar Kumbasari di Denpasar. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai produk lokal seperti kain tradisional, kerajinan tangan, atau makanan khas Bali dengan harga yang lebih terjangkau.

8. Hindari Wisata Restoran di Area Populer

Wisata kuliner di Bali merupakan pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Namun, restoran-restoran di daerah wisata populer biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan restoran di daerah lain. Coba jelajahi daerah-daerah sekitar tempat Anda menginap dan temukan warung makan atau restoran lokal yang menyajikan hidangan lezat dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan mencoba makan di tempat-tempat seperti ini, Anda tidak hanya menghemat uang, tetapi juga mendapatkan pengalaman kuliner yang lebih autentik.

9. Pertimbangkan Sewa Motor

Jika Anda ingin bepergian dengan lebih fleksibel dan hemat, pertimbangkan untuk menyewa motor selama liburan di Bali. Bali memiliki banyak penyedia layanan sewa motor dengan harga yang terjangkau. Dengan menyewa motor, Anda dapat menghemat biaya transportasi, terutama jika Anda berencana untuk menjelajahi berbagai tempat wisata yang berada dalam jarak yang dekat.

Dengan mengikuti kesembilan tips liburan ke Bali dengan budget hemat di tahun 2023 ini, Anda dapat menikmati liburan impian Anda tanpa perlu khawatir tentang biaya yang tinggi.

Peraturan yang Wajib Dipatuhi Sebelum Liburan ke Bali

Sebagai wisatawan yang bertanggung jawab, penting bagi kita untuk memahami dan menghormati peraturan-peraturan yang berlaku di Bali. Dengan mengikuti peraturan-peraturan ini, kita tidak hanya menjaga keharmonisan dengan masyarakat setempat, tetapi juga membantu melestarikan keindahan dan keaslian pulau ini.

Berikut peraturan yang wajib dipatuhi turis sebelum liburan ke Bali.

Hormati Adat dan Budaya Bali

Bali memiliki budaya yang kaya dan tradisi yang kuat. Sebagai wisatawan, sangat penting bagi kita untuk menghormati adat dan budaya setempat. Menghargai dan mematuhi adat istiadat lokal adalah cara terbaik untuk merespon keramahan dan keramahan penduduk Bali. Ketika mengunjungi tempat-tempat suci seperti pura, hormatilah keheningan dan ketenangan tempat tersebut. Hindari perilaku yang tidak pantas, berbicara terlalu keras, atau merusak lingkungan sekitar.

Kemudian, jangan berfoto-foto di area yang dianggap sakral, kecuali mendapatkan izin dari pengurus tempat tersebut. Menghormati adat dan budaya Bali akan menciptakan hubungan yang harmonis antara wisatawan dan masyarakat setempat.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Bali adalah surga alam yang luar biasa dengan pantai yang indah, sawah hijau, dan hutan yang lebat. Penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan saat berlibur di Bali. Selalu gunakan tempat sampah yang tersedia dan jangan membuang sampah sembarangan. Saat berada di pantai, hindari meninggalkan sampah plastik atau sampah lainnya.

Selain itu, hindari merusak atau mencemarkan lingkungan sekitar, termasuk merusak terumbu karang saat menyelam atau snorkeling. Jika Anda menyelam, jaga jarak dengan terumbu karang untuk mencegah kerusakan yang tidak perlu.

Gunakan Outfit yang Sopan

Saat berkunjung ke Bali, pastikan untuk menggunakan pakaian yang sopan, terutama saat mengunjungi tempat-tempat suci. Bali memiliki banyak pura yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Kebanyakan pura memiliki dress code yang harus diikuti oleh pengunjung. Hindari memakai pakaian yang terlalu terbuka, transparan, atau singlet yang terlalu pendek.

Sebagai alternatif, kenakan pakaian tradisional Bali seperti sarung atau kain panjang. Jika Anda tidak memiliki pakaian tradisional, Anda dapat meminjam atau menyewa di sekitar pura.

Selain itu, untuk menjaga hubungan yang erat antara outfit liburan ke bali dengan lingkungan adat sekitar, maka hindari memakai pakaian yang mengandung unsur keagamaan lainnya jika Anda bukan pemeluk agama tersebut. Mengenakan pakaian yang sopan adalah bentuk penghormatan terhadap adat dan budaya Bali.

Dalam beberapa kasus, pengelola tempat suci juga dapat memberikan pakaian selendang atau selimut sebagai tanda penghormatan kepada para pengunjung yang tidak mematuhi dress code yang ditetapkan.

Jangan Merusak Sesajen

sajen di pura bali

Sesajen adalah persembahan berupa bunga, makanan, atau dupa yang digunakan dalam ritual keagamaan Bali. Anda mungkin akan melihat sesajen di sepanjang jalan atau di pura-pura. Penting untuk tidak merusak atau mengambil sesajen ini.

Sesajen merupakan bagian penting dari ritual keagamaan dan mengganggu atau merusaknya dianggap tidak sopan dan tidak menghormati kepercayaan agama setempat. Apresiasi dan hormatilah sesajen sebagai bagian dari warisan budaya Bali.

Dilarang Masuk ke Pura saat Haid

Penting untuk diingat bahwa perempuan yang sedang mengalami haid dilarang masuk ke pura atau tempat-tempat suci lainnya. Ini adalah aturan yang berhubungan dengan keyakinan dan tradisi agama Hindu di Bali. Peraturan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan spiritual dan kekudusan tempat suci.

Kenakan Kain saat Masuk ke Pura

Saat mengunjungi pura atau tempat-tempat suci di Bali, Anda diharapkan untuk mengenakan kain sarung yang disediakan. Hal ini sebagai tanda penghormatan dan mengikuti tradisi agama Bali. Kain sarung biasanya dapat dipinjamkan atau disewakan di tempat-tempat suci.

Jika Anda membawa kain sendiri, pastikan kain tersebut mencukupi untuk menutupi tubuh secara lengkap. Mengenakan kain saat masuk ke pura adalah wujud penghargaan dan penghormatan kepada tempat suci dan tradisi keagamaan setempat.

Jangan Mengganggu Ritual Ibadah

Ketika Anda berkunjung ke pura atau tempat-tempat suci, sangat penting untuk tidak mengganggu atau mengacaukan jalannya ritual ibadah. Jangan berbicara terlalu keras, berfoto-foto di area yang tidak diperbolehkan, atau melakukan tindakan yang dapat mengganggu kekhusyukan dan konsentrasi umat yang sedang beribadah.

Hormati Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi adalah hari perayaan yang sangat penting bagi masyarakat Bali. Pada hari ini, seluruh aktivitas di Bali dihentikan dan masyarakat Bali menjalani hari dalam keheningan dan introspeksi.

Sebagai wisatawan, penting bagi kita untuk menghormati tradisi ini dengan tidak melakukan aktivitas yang berisik, tidak bepergian, atau mengganggu ketenangan yang dipatuhi oleh masyarakat Bali.

Hormatilah kebijakan dan ketentuan yang diberlakukan selama Hari Raya Nyepi dan manfaatkan momen ini untuk merenung dan menikmati ketenangan yang langka di Bali.

Dengan persiapan yang matang dan bijak, liburan ke Bali dengan budget hemat bisa menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dan jangan melupakan etika yang baik saat anda berkunjung ke kota lain untuk berlibur.

Selamat menikmati keindahan Bali!

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer