BerandaNewsHokkaido Jepang Dilanda Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo!

Hokkaido Jepang Dilanda Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo!

Kita mungkin telah mendengar berita tentang gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo yang mengguncang Hokkaido Jepang baru-baru ini. Gempa tersebut terjadi pada Jumat 11 Agustus 2023 malam pukul 18.55 waktu setempat.

Gempa pada jumat lalu, bukan lah gempa yang pertama kali terjadi di Jepang. Kita juga sering mendengar gempa yang terjadi di negeri Sakura tersebut. Karena dikenal sebagai negara yang sering kali mengalami bencana gempa bumi.

Berdasarkan laman Japan Meteorological mencatat hingga 3000 gempa dengan magnitudo 3.0 hingga 3.9 terjadi setiap tahunnya di Jepang.

Gempa Magnitudo 6 Mengguncang Hokkaido Jepang

Menurut Badan Meteorologi Jepang, pusat gempa terletak di Samudera Pasifik, 43 kilometer tenggara Tomakomai. Gempa ini menyebabkan pemadaman listrik di lebih dari 2 juta rumah tangga dan gedung di Hokkaido. Selain itu, tidak kurang dari 40 orang dilaporkan cedera ringan dan satu orang meninggal dunia akibat gempa.

Dilansir AFP, Jumat (5/5), korban tewas dan terluka ditemukan saat tim penyelamat mencari orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan beberapa rumah.

Kerusakan Bangunan hingga mengakibatkan beberapa orang terjebak di dalam reruntuhan bangunan, memurut laporan yang dilansir dari CNN Indonesia banyaknya korban luka-luka ringan akibat jatuh dari tangga ketika menyelamatkan diri dari reruntuhan bangunan.

Warga diminta untuk selalu siaga dan melakukan latihan evakuasi secara berkala. Persediaan darurat seperti air, makanan, obat-obatan, radio, senter dan baterai juga perlu dipersiapkan.

Lokasi Pusat Gempa

Pusat Penelitian Badan Meteorologi Jepang Menyampaikan bahwa gempa yang terjadi di Hokkaido, JepangĀ  berpusat di lepas pantai Kota Urakawa dengan kedalaman 46 km (28,58 mill) di bawah permukaan Bumi. Dan hingga sejak ini gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Seperti yang sering kita dengar bahwa jepang terbiasa dengan goncangan gempa, ini di sebabkan karena Jepang terletak di garis ring of fire. Dilansir dari National Geographic, ring of fire adalah jalur sepanjang Samudera Pasifik yang ditandai banyaknya gunung berapi aktif.

Jepang terletak di garis ring of fire
Jepang terletak di garis ring of fire

Dengan begitu, pemerintahan Jepang di minta untuk meningkatkan keamanan dan kesiagaan, mengingat negara tersebut berada pada posisi pertemuan dari beberapa lembeng bumi, jika terjadi pergerakan dan bertabrakan satu sama lainnya, maka akan menyebabkan gempa bumi. Dalam mengantisipasi terjadinya gempa susulan, Pemerintah jepang mengingatkan warga nya untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri untuk menyelamatkan dari dari potensi gempa susulan.

Cara Menyelamatkan Diri Dari Gempa

Disisi lain Badan Meteorologi Jepang menyampaikan bahwa, “Hokkaido Jepang merupakan negara yang siap akan gempa”.

Jepang sering sekali mengalami gempa bumi. Belajar dari berbagai sejarah gempa yang menghancurkan Jepang, kini Jepang menjadi negara paling siap menghadapi gempa.

Namun, tidak hanya pemerintah yang harus sadar akan penanggulangan bencana di Negara Jepang tersebut, manusia juga harus mempelajari tentang bagaimana cara menyelamatkan diri dari gempa ketika berada di gedung yang tinggi. Hal ini mengingat ketika terjadi gempa di Jepang dapat menyelamatkan diri dari reruntuhan bangunan.

berita gempa Hokkaido Jepang, memberikan peringatan kepada kita untuk tetap terus waspada dan tenang ketika terjadi gempa di jepang atau pun di negara lainnya. Saya telah membagikan beberapa cara menyelamatkan diri dari gempa berdasarkan pengalaman hingga informasi yang telah saya kumpulkan pada artikel sebelumnya. Jika Anda tinggal di bagian kota atau negara yang rawan gempa maka artikel di atas wajib untuk Anda baca dan pahami tipsnya.

Langkah dasar dalam menyelamatkan diri dari kondisi gempa adalah yang paling utama jangan panik dan tetap tenang, kemudian barulah Anda mengambil langkah sesuai dengan tips yang ada di artikel cara menyelamatkan diri dari gempa.

Anda telah membaca berita tentang gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo yang mengguncang Pulau Hokkaido di Jepang. Gempa bumi dan tsunami yang menyusulnya telah menyebabkan kerusakan yang signifikan di area tersebut. Ribuan orang telah dievakuasi dari rumah mereka karena kekhawatiran akan tsunami susulan dan puluhan orang dilaporkan mengalami luka ringan.

Sebagai penutup, ingatlah bahwa bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami dapat terjadi kapan saja tanpa peringatan. Kita harus selalu waspada dan siap menghadapi situasi darurat. Tetap tenang dan waspada, ikuti petunjuk dari pihak berwenang, dan bantu tetangga Anda yang membutuhkan. Bersama-sama kita dapat mengatasi bencana apapun.

Tetap kuat dan berharap yang terbaik untuk warga negra Hokkaido Jepang yang terdampak gempa bumi.

Semoga situasi segera membaik dan kehidupan dapat kembali normal.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer